Bahan dan Cara Membuat Senjata Mainan Pletokan

Advertisement
advertisement

hargamainanku ,- Pletolan merupakan salah satu mainan anak anak tradisional yang sekarang sudah sangat jarang di mainkan, seperti hampir sudah punah. Mainan ini mengasikan untuk di mainkan.

Permainan merupakan permainan seru yang sangat murah, bahkan bila bisa membuatnya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, hanya bermodalkan kemauan pun bisa membuat mainan ini. Pletokan adalah senjata mainan yang dibuat dari bambu. Dan Pelurunya bisa dari kertas yang di bahasi ataupun kembang dan biji jambu.

Pada setiap daerah pletokan ini beda beda sebutannya, untuk masyarakat sundah menyebutnya bebeletokan, dan masyarakat probolinggi dan madura menyebut senjata mainan ini tor cetoran.

pada umumnya senjata mainan ini di mainkan oleh anak laki-laki, paling asik permainan ini di lakukan oleh beberapa orang dan melakukan peperangan ! . Tunggu dulu peperangan di sini bukan untuk saling menyakiti ataupun adu jotos, dan hal yang berbau kekerasan lainnya melainkan adu tembak dengan pletokan dengan peluru pletokan itu sendiri. Ini tidak akan menimbulkan bahaya, sebab pletokan pelurunya terbuat dari kertas basah.

pletokanKenapa di sebut pletokan ? sebab senjata mainan ini ketika di tembakan berbunyai beletok.. Unik juga yah sobat.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pletokan

  • Bambu tua yang kecil kurang lebih berdiameter 1-15 cm, dengan panjajng 3-40 cm ,tentunya bambu yang cukup kuat.
  • Untuk pelurunya kertas bekas yang di basahkan, atau bisa juga dengan biji jambu, biji tanaman yang lukan lainnya, kembangpun bisa dijadikan peluru.

Itulah bahan-bahan yang harus ada untuk membuat pletokan, sekarang kami berikan informasi tentang cara pembuatannya.

Bahan dan Cara Membuat Senjata Mainan Pletokan dengan Mudah

cara membuat pletokan

  1. Siapkan Bambu yang sudah disedikan
  2. Bambu di bagi 2 yaitu penyodok dan laras, untuk membuat penyodoknya anda bisa membelah bambu dan membentukya jadi seperti lidi panjajng, dan anda harus merautnya supaya bambu tersebut bundar, dan pastikan lidi bisa masuk ke pangkan tapi tidak terlalu kecil.
  3. Untuk bagian pegangan penyodoknya dibuat pegangan sekitar 10 cm, dan paskan penyodok supaya masuk ke dalam laras.
  4. Untuk bagian atas penyodok dibuat lebar, supaya menekan dan memukul pelor bisa sempurna, dan bernyi beletok…
  5. Tahan terakhir siapkan kertas bekas yang sudah di basahi dan siap di mainkan.

Untuk cara menembekan senjata mainan ini cukup mudah, masukan kertas secukupnya sampai ke ujung laras, dan peluru keduka di masukan lagi dan langsung di dorongkan, dan peluru pun langsung melesan dan menembak dan berbunyi beletok.. Terima kasih sudah membaca postinganyang berjudul Bahan dan Cara Membuat Senjata Mainan Pletokan , mari lestarikan mainan tradisional !!

Facebook Comments
Advertisement
advertisement
Bahan dan Cara Membuat Senjata Mainan Pletokan | hargamainanku | 4.5