Mainan Tradisional Yang Sudah sangat Jarang Dimainkan

Advertisement
advertisement

harga mainan anak ,- Pasti ada suatu saat ketika mengenang masa kecil kita, ada banyak cerita yang menyenangkan. Ketika kita masih polos tanpa menanggung beban sebagai remaja ataupun beban keluarga apalagi beban asmara itu memang merupakan masa yang tidak bisa di lupakan.

Begitupun permainan-permainan tradisionalnya, permainan tradisional sangat beda dengan permainan sekarang. Seiring berkembangnya jaman, permainan tradisional semakin tergeser populeritasnya dengan perkembangan jaman. Padahal kalau saya tilai kebanyakan permainan dulu banyak yang menyehatkan, contohnya lompat tali, gobak sodor, ucing ucingan dsb. Hampir semua permainannya membuat kita bergerak tentunya sehat.

Sangat bertolak belakang dengan permainan jaman sekarang memang lebih asik jaman sekarang tapi kebanyakan memberikan efek negatif bagi tubuh. Seperti bermain game, hanya dudul saja di depan layak tanpa bergerak membuat anak menjadi kurang olahraga dan malas, jadinya anak tidak sehat. Anak sekarang kebanyakan asik mainan gadget nya, memang ada efek positipnya yaitu anak bisa tahu beberapa info bermanfaat, mudah bersosialisasi dsb, tapi efek negatipnya juga banyak diantaraya anak bisa mengakses konten dewasa yang membahayakan mentalnya di kemudian.

Saya harap dengan adanya postingan yang berjudul Mainan Tradisional Yang Sudah sangat Jarang Dimainkan bisa membantu mempopulerkan mainan tradisional yang ada di negri ini. Berikut ini adalah permainan/mainanya.

Kucing kucingan

permainan tradisional yang hampir punahDitempat tinggalku banyak sekali jenis kucing-kucingan dari kucing jongkok, kucing lumpat dan masih banyak lainnya. Dan pada intinya di awali dengan hompimpah dan salah satu orang menjadi kucing, dan mencoba menangkap kawan-kawannya sebagai tikus. Permainan ini membuat anak bergerak sesuai kemampuannya dan tentunya lebih sehat.

Mainan Kelereng

permainan tradisional yang hampir punahKelereng merupakan gelas yang keras dan tidak mudah pecah bentknya bulat. Bermain kelereng mengasikan sekali dimana seseorang anak harus mengarahkan kelereng dengan tepat ke sasaran. Dapat melatih koordinasi otot jari tangan dan konsentrasi anak. Sungguh bermanfaat.

Sepak bola di lapangan

permainan tradisional yang hampir punahSepak bola di lapangan memang sangat seru, biasanya saya ketika anak-anak sering melakukannya pada pagi hari ketika libur sekolah. Tapi sekarang sangat jarang sekali, penyebab utamanya bisa di lihat jelas, yaitu karena lahan dan lapangan kebanyakan sudah beralih fungsi menjadi perumahan ataupun pabrik.

Loncak Tinggi/Lompat Karet

permainan tradisional yang hampir punahpermainan tradisional yang hampir punahMerupakan permainan yang bisanya di lakukan oleh anak perempuan meskipun anak lelaki juga bisa ikutan, anak perempuan jago-jago main loncat tinggi. Di tempatku lincat tinggi bukan brarti harus loncat setinggi-tingginya tapi pemain harus bisa melewati tali dari karet gelang yang di satukan menjadi panjang.

Permainan Pecle/englek

permainan tradisional yang hampir punahEntal kenapa di sebut permainan pecle, tapi yang jelas ini sering dimainkan oleh anak perempuan berhubung saya laki-laki jadi saya tidak bisa menjelaskan peraturannya secara detail 😀 , tapi yang saya lihat adalah dibuat garis kotak yang banyak di satukan, setelah itu mereka loncat-loncat.

Itulah beberapa yang saya ingat tentang mainan tradisional semasa kecil yang sudah jarang dimainkan saat masa kini. Saya harap permanan-permainan tersebut tidak akan punah sebab itu adalah mainan tradisional yang ada sejak jaman dulu, mungkin itu warisan leluhur kita, selamatkan permainan tradisional ayo.. 🙂

 

Facebook Comments
Advertisement
advertisement
Mainan Tradisional Yang Sudah sangat Jarang Dimainkan | hargamainanku | 4.5